-->

Cara Memblokir Pengguna Akses Modem di MikroTik

Cara Memblokir Pengguna Akses Modem di MikroTik

Setelah lama tidak posting tutorial MikroTik karena kesibukan, mulai hari ini MIKROTIKGAME akan kembali mengupdate panduan Firewall MikroTik tentang bagaimana cara memblokir pengguna akses ke modem yang kita punya, baik itu bagi pengguna Wi-FI ataupun yang menggunakan koneksi dengan kabel LAN. Tutorial ini kebalikan dari postingan sebelumnya tentang cara bypass IP Address di MikroTik.

Ini akan sangat berguna bagi Anda sudah setting hotspot MikroTik ataupun tidak ingin menonaktifkan Wi-FI pada modem.

Sebenarnya hal ini dapat dengan mudah Anda lakukan dengan mengaktifkan fitur blokir pada modem seperti Alcatel Lucent, ZTE, TP-Link ataupun Huawei tanpa harus download dan install aplikasi pihak ketiga lagi. Fitur ini mengharuskan kita menginput satu persatu Mac Address sehingga mungkin akan merepotkan jika ada banyak pengguna yang akan diblokir.

Beda halnya bagi Anda yang menggunakan Routerboard MikroTik, Anda hanya memasukkan dua baris perintah di Firewall, tepatnya di Filter Rules MikroTik untuk memblokir pengguna yang tidak diinginkan mengakses modem. Pada akhir postingan, kami juga menyertakan video tutorialnya.

Simak selengkapnya langkah di bawah ini.

Cara Memblokir Akses Pengguna Wi-FI dan Perangkat Lainnya di Modem


Untuk memblokir akses perangkat lain baik itu pengguna Wi-FI dan lainnya mengakses modem kita, Anda harus mengakses MikroTik terlebih dahulu kemudian menambahkan dua baris rules MikroTik di Filter Rules.

  1. Pertama-tama, jalankan Winbox kemudian login dengan username dan password admin atau user lain yang mempunyai hak akses full.
  2. Klik IP – Firewall.
  3. Klik tab Filter Rules kemudian klik tanda “+”.
  4. Setelah jendela Firewall Rule muncul, isikan sesuai gambar di bawah kemudian pada tab Action, pilih drop pada isian Action:.
  5. Selanjutnya, ualngi klik tanda “+” untuk menambahkan Firewall Rule untuk port icmp seperti pada gambar di bawah lalu pada tab Action, pilih drop pada isian Action:.
  6. Terakhir, cek apakah sudah ada dua baris perintah yang muncul di tab Filter Rules.

Selain menggunakan cara diatas, Anda juga dapat blokir pengguna Wi-FI dan perangkat lainnya di modem dengan mengcopy perintah MikroTik di bawah kemudian menjalankannya di Terminal, ikuti langkah berikut:

  1. Jalankan Terminal dengan mengklik New Terminal pada menu utama.
  2. Copy dua baris perintah di bawah lalu paste di Terminal.
    /ip firewall filter add chain=forward dst-address=192.168.1.1 protocol=tcp dst-port=80 action=drop comment=”MIKROTIKGAME blokir pengguna akses modem”
    
    /ip firewall filter add chain=forward dst-address=192.168.1.1 protocol=icmp action=drop
  3. Tekan Enter untuk menjalankan perintah tersebut.

Dengan menambahkan dua baris rules diatas, berarti kita menutup akses ke IP Address 192.168.1.1. Ini adalah IP Address default modem, tidak akan ada perangkat yang bisa mengakses ke modem termasuk Anda.

Jika memang Anda ingin mengakses modem, Anda harus disable dua baris ini di Firewall MikroTik diatas.

You Might Also Like:

Bagikan: