-->

Cara Membuat dan Setting Dasar Hotspot MikroTik dengan Winbox

Cara Membuat dan Setting Dasar Hotspot MikroTik dengan Winbox

Cara Membuat dan Setting Dasar Hotspot MikroTik dengan Winbox. Mungkin sobat yang pernah berkunjung ke Cafe, Restoran, atau Hotel seringkali mendapati Wi-FI tanpa password dan beranggapan bebas menggunakannya tanpa harus login. Padahal setelah terhubung dengan Wi-FI tersebut, sobat justru diminta untuk masukkan username dan password.

Nah, itu adalah salah satu fitur MikroTik yang sangat populer dan banyak digunakan, Hotspot MikroTik. Sobat mungkin juga berpikiran, bagaimana cara membuat dan setting Hotspot MikroTik.

Jadi, Hotspot MikroTik sangat berbeda dengan Wi-FI yang diperoteksi dengan password. Kita dapat membuat username dan password hotspot MikroTik sesuai dengan keinganan sedangkan Wi-FI dengan proteksi WEP atau WAP hanya mempunyai 1 (satu) password sehingga kemungkinan ada banyak orang yang bisa akses dan pembagian bandwidth tidak merata.

Anda bisa membuat Hotspot MikroTik dengan Winbox dan juga setting dasar hotspot MikroTik dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Saya sudah "panjang-lebar" jelaskan soal Hotspot MirkoTik, kita langsung saja belajar MikroTik: bagaimana cara membuat Hotspot MikroTik - setting dasar Hotspot MikroTik dengan Winbox.

Cara Membuat dan Setting Dasar Hotspot MikroTik dengan Winbox


Pada tutorial kali ini, saya asumsikan kita menggunakan RouterBoard RB750 v6.32.2, port/ether3, dan Access Point yang terpisah.


  1. Pertama-tama, Anda harus menentukan interface atau ether mana yang akan dijadikan sebagai Hotspot MikroTik. Pada tutorial ini, saya tetapkan ether3 sebagai port/ether hotspot MikroTik.
  2. Akses MikroTik dengan menjalankan Winbox kemudian masukkan username dan password yang sobat punya. Setelah berhasil login, pilih menu IP - Hotspot - Hotspot Setup.
  3. Pilih Hotspot Interface, pada artikel ini saya menggunakan ether3.
  4. Masukkan IP Address yang ingin digunakan untuk jaringan hotspot mikrotik sobat. Range IP Address dimasukkan pada jendela ini, yang nantinya akan digunakan user. User yang terhubung akan mendapatkan IP Address 192.168.2.2 - 192.168.2.254.
  5. Klik Next.
  6. Masukkan nama nama lokal domain yang diinginkan. Nama domain ini akan muncul setiap kali ada user yang login melalui Hot MikroTik.
  7. Ketikkan username dan password, yang digunakan untuk login administrator nantinya.

  8. Terakhir, tekan tombol OK dan sobat sudah berhasil membuat dan setting dasar Hotspot MikroTik pada routerboard.

Sekarang, sobat dapat menguji dengan mengaktifkan wireless di handphone atau komputer dan menghubungkan dengan hotspot yang baru dibuat diatas tadi. Jika berhasil, maka sobat akan dialihkan ke halaman login Hotspot saat mencoba menghubungkan ke Hotspot MikroTik yang telah dibuat.

Demikian artikel tentang Cara Membuat dan Setting Dasar Hotspot MikroTik dengan Winbox. Pembahasan lebih lanjut mengenai Hotspot MikroTik dengan Radius, User Manager, bagaimana mengatur download, upload peruser, batasi paket data yang dapat didownload, dan lainnya.

You Might Also Like:

Bagikan: