-->

Panduan Dasar Setting Firewall MirkoTik Lengkap

Panduan Dasar Setting Firewall MirkoTik Lengkap

Tutorial Dasar Setting Firewall Mirkotik Lengkap. Routerboard selain punya fitur untuk manajemen bandwidth. MikroTik juga sering digunakan untuk mengamankan jaringan internet dari serangan virus, hacker, blokir situs ataupun blokir hal lain yang dianggap membahayakan sehingga mengharuskan kita untuk setting firewall MikroTik.

Tak bisa dipungkiri, setiap kali kita terhubung dengan koneksi internet, akan ada banyak virus yang mengintai diluar sana baik itu dari situs atapun software.

Untuk itu, kita harus punya panduan dasar setting rule firewall mikrotik yang lengkap dan powerfull tentunya baik itu untuk hotspot, rtrwnet, warnet, kantor, kafe, perusahaan dan lainnya.

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu firewall? Jika belum, simak pengertian firewall di bawah ini terlebih dahulu sebelum kita lanjut setting rule firewall di MikroTik.

Apa Itu Firewall Mikrotik?


Firewall adalah suatu sistem yang berfungsi untuk melindungi dengan cara mengamati, mem-filter, dan memilih apakah paket yang ada di jaringan dapat keluar atau masuk seperti workstation, server, router, ataupun Local Area Network (LAN).

Jadi, fungsi firewall adalah untuk melindungi jaringan dari hal yang tidak diinginkan yang berasal dari luar jaringan. Untuk RouterBoard Mikrotik sendiri, digunakan untuk melakukan Filter Rules, NAT, dan melakukan seleksi paket data yang melewati router yang disebut Mangle.

Untuk mencegah aktifitas tertentu, firewall mikrotik mampu drop (blokir) atau menerima paket data yang akan masuk, melewati, dan juga keluar router karenanya sobat harus punya setting firewall terbaik agar bisa memaksimalkan keamanan jaringan mikrotik. Sobat dapat menggunakan fitur firewall ini dengan cara login di mikrotik via Winbox lalu pilih menu IP - Firewall.

Chain Firewall Mikrotik


Agar setting firewall mikrotik terbaik, kita harus mampu menambahkan rule-rule yang sesuai dengan parameter Chain untuk membedakan jenis paket data. Ada 3 (tiga) jenis chain firewall di RouterOS Mikrotik yang bisa digunakan yaitu chain forward, chain input, dan chain input.

Chain Forward


Chain firewall mikrotik ini digunakan untuk proses trafik paket data yang hanya melewati router seperti aktifitas ;browsing.

Chain Input


Chain Input berguna untuk membatasi akses konfigurasi Mikrotik dan memproses trafik paket data yang masuk ke dalam router melalui interface yang ada di router dan memiliki tujuan IP Address berupa ip yang terdapat pada router seperti akses mikrotik dengan winbox, webfig, telnet baik dari Public maupun Local.

Chain Output


Chain mikrotik ini berfungsi untuk memproses paket data yang keluar dari router, kebalikan dari chain input. seperti ping ke ip address tertentu.

Action Filter Firewall Mikrotik


Ada beberapa pilihan yang diberikan saat kit setting firewall RouterOS Mikrotik antara lain accept (paket diterima dan tidak melanjutkan membaca baris berikutnya), drop (blokir paket secara diam-diam dan tidak mengirimkan pesan penolakan ICMP), reject (memblokir paket data dan mengirimkan pesan penolakan ICMP), jump (melompat ke chain lain yang ditentukan oleh nilai parameter jump-target), tarpit (menolak tapi tetap menjaga TCP connection yang masuk), passthrough (mengabaikan rule ini dan menuju ke rule selanjutnya), dan log (menambahkan informasi paket data ke log).

Sobat masih bingung? Silahkan download setting firewall mikrotik terbaik dan powerfull yang ada dibawah untuk diterapkan pada MikroTik warnet, mikrotik kantor atau yang lain. Sebagai contoh setting firewall mikrotik dapat sobat lihat di bawah ini.

/ ip firewall address-list

add list=klien address=192.168.2.0/24 comment="pc-klien-mirkotikgame" disabled=no

/ip firewall filter

add chain=input connection-state=invalid action=drop \

comment="drop-invalid-connections"

add chain=input connection-state=established action=accept \

comment="allow-established-connections"

add chain=input protocol=icmp action=accept \

comment="allow-icmp"

add chain=input src-address=klien action=accept \

in-interface=!01public

add chain=input action=drop comment="drop-lainnya"


Setting Firewall MikroTik Warnet


Untuk memudahkan setting firewall MikroTik, sebaiknya Anda menggunakan Terminal dengan cara mengunduh file script yang ada di bawah kemudian jalankan di Terminal MikroTik. Saya juga masih akan sharing tutorial setting firewall mirkotik yang lainnya di blog ini. Jadi tetap tunggu update artikelnya ya.

Firewall MikroTik Terbaik [ Google Drive ]
Firewall Filter Warnet Terbaik [ Google Drive ]
Filter Firewall MikroTik Virus dan Hacker [ Google Drive ]

Demikian tutorial MikroTik tentang Panduan Dasar Setting Firewall Mirkotik Lengkap. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Bagikan: