-->

5 Cara Akses dan Login di MikroTik

5 Cara Akses dan Login di MikroTik

5 Cara Akses dan Login di MikroTik. Sobat mungkin pernah dibingungkan saat pertama kali install MikroTik OS, karena tidak mengetahui cara akses dan logi di MikroTik. Padahal secara default, sistem ini sudah membuatkan kita username dan password utuk memudahkan kita untuk mengaksesnya.

Biasanya, orang akan menggunakan Winbox untuk mengakses mikroTik sebab Winbox akan otomatis mendeteksi keberadaan Routerboard tersebut jika memang terkoneksi dengan MikroTik tanpa harus mengetikkan IP Address Gateway.

MIKROTIKGAME akan berbagi beberapa cara untuk mengakses perangkat MikroTik dengan menggunakan Putty (SSH), Winbox, Telnet, Web Browser dan WinSCP.

5 Cara Mengakses dan Login di Routerboard MikroTik


1. SSH/PuTTY


Salah satu cara untuk mengakses MikroTik adalah dengan menggunakan aplikasi telnet/SSH seperti PuTTY. Jalankan aplikasi PuTTY kemudian masukkan IP Address MikroTik pada kolom Host Name.

2. Winbox


Selain menggunakan PuTTY, untuk mengakses atau remote Mikrotik juga dapat menggunakan tool gratis yang disebut Winbox. Aplikasi ini berbasis windows, jadi hanya dapat dijalankan pada sistem operasi windows.

Aplikasi Winbox sangat populer untuk remote MikroTik karena mudah digunakan dan tampilan GUI. Sangat cocok bagi yang masih pemula dan ingin belajar setting MikroTik. Winbox akan otomatis mendeteksi keberadaan MikroTik dengan menampilkan Mac Address-nya.

3. Web Browser


Web Browser juga dapat digunakan untuk akses MikroTik, dengan menggunakan port 80. Dengan fitur Webfig yang sudah saya bahas sebelumnya di blog ini. Ketikkan IP Address MikroTik pada address bar browser kemudian masukkan username dan password yang sobat punya.

4. Telnet Command Prompt (CMD)


Telnet dapat juga digunakan untuk kebutuhan remote atau akses MikroTik. Aplikasi bawaan windows yang dijalankan melalui Command Prompt tentunya harus diaktifkan fitur telnet-nya terlebih dahulu. Saya merekomendasikan untuk tidak menggunakan telnet untuk mengakses MikroTik karena alasan keamanan jaringan.

5. WinSCP


Dengan bantuan aplikasi ini, WinSCP kita dapat mengakses file yang ada di MikroTik, misalnya ingin backup atau restore, modifikasi atau copy file hotspot dan lainnya.

Demikian artikel tentang 5 Cara Akses dan Login di Routerboard MikroTik. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Bagikan: