-->

Cara Mudah Blokir Port WannaCry Ransomware di MikroTik

Cara Mudah Blokir Port WannaCry Ransomware di MikroTik

Penyebaran virus ransomware WannaCry minggu lalu hingga saat ini menjadi perbincangan hebat karena cukup mengkhawatirkan bagi pengguna sistem operasi windows di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Virus varian baru ini berasal dari Amerika mampu mengakses komputer secara diam-diam ke dalam sistem komputer tapi Anda dapat memblokir WannaCry di MikroTik.

Setelah berhasil masuk dan menginfeksi sistem komputer, virus ransomware WannaCry akan otomatis mengunci hingga mematikan sistem komputer sehingga tidak dapat digunakan.

Menurut Technical Consultant PT. Prosperita ESET Indonesia, Yudhi Kukuh bahwa virus ransomware WannaCry ini sudah mulai terdeteksi pada hari Jum'at lalu, 12 Mei 2017 seperti dikutip di laman KOMPAS. Tidak hanya individu yang menjadi target serangan virus ini tapi juga rumah sakit, perusahaan, dan instansi pemerintah.

Di Indonesia, sudah ada beberapa rumah sakit Jakart yang menjadi korban virus ini antara lain RS. Dharmais dan RS. Harapan Kita.

Apa Itu Virus Ransomware WannaCry?


Seperti yang sudah dijelaskan, ransomware WannaCry adalah salah satu varian virus ransomware bernama Wanna Decryptor yang mampu menginfeksi sistem komputer secara diam-diam kemudian mengunci file atau data dan meminta korban untuk menebus dengan sejumlah pembayaran via bitcoin.

Cara Memblokir Port Ransomware WannaCry di MikroTik


Bagi Anda yang menggunakan routerboard MikroTik dapat menggunakan fitur firewall yang ada untuk mencegah atau mengamankan MikroTik. Fitu ini juga dapat digunakan untuk memblokir virus ransomware ini. Silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini.
  1. Anda harus akses MikroTik terlebih dahulu.
  2. Pada menu winbox, klik New Terminal untuk menjalankan Terminal MikroTik.
  3. Copy script yang ada dibawah kemudian paste ke Terminal.
    
    /ip firewall filter
    add action=drop chain=input disabled=no dst-port=139,445,3389 protocol=tcp comment="drop wannacry mikrotikgame"
    add action=drop chain=input disabled=no dst-port=139,445,3389,20004,7533,5678 protocol=udp
    add action=drop chain=forward disabled=no dst-port=139,445,3389 protocol=udp
    add action=drop chain=forward disabled=no dst-port=139,445,3389 protocol=tcp
    
  4. Sekarang pilih menu IP - Firewall dan pastikan keempat script diatas sudah ada di tab Filter Rules seperti pada gambar dibawah.
Bagi Anda yang tidak menggunakan routerboard MikroTik, silahkan mengikuti tutorial yang diberikan oleh Kominfo atau Microsoft terkait cara mencegah virus ransomware WannaCry disini.

You Might Also Like:

Bagikan: