-->

10 Kesalahan Setting MikroTik Yang Harus Kamu Hindari

10 Kesalahan Setting MikroTik Yang Harus Kamu Hindari

Kesalahan Setting MikroTik dapat dialami siapa saja. Apalagi buat mereka yang masih belajar atau bahkan baru pertama kali setting routerboard MikroTik. Tentunya, kita semua ingin konfigurasi yang telah dibuat tidak bermasalah dikemudian hari 'kan.

Terlebih bagi mereka yang menawarkan jasa setting MikroTik, akan merepotkan jika harus setting secara remote tapi tidak routerboard tidak bisa diremote karena kesalahan setting MikroTik seperti lupa setting keamanan MikroTik dari serangan hacker atau mengubah password akun admin default routerboard.

Ditambah lagi dengan jarak klien yang sangat jauh, anda tidak akan dapat reset router untuk mengembalikan ke konfigurasi deafultnya.

Untuk itu, anda harus mengetahui tips setting MikroTik tentang kesalahan konfigurasi yang harus dihindari agar routerboard yang kita miliki tetap aman dan awet. Silahkan baca selengkapnya dibawah ini:

Kesalahan Setting MikroTik Yang Mungkin Kamu Tidak Pernah Perhatikan dan Harus Dihindari

Menggunakan IP Address Sama Pada Beberapa Interface MikroTik

Perhitungan IP Address pada jaringan, jangan anggap "sepele". Jika ada orang yang iseng, dapat dengan mudah mengakses Mikrotik seperti userman hotspot ataupun webfig.

Ini adalah salah satu dari beberapa hal yang sering dilakukan oleh orang yang baru belajar MikroTik atapun sudah berpengalaman sekalipun.

Monitoring Jaringan secara Rutin

Untuk memeriksa jaringa router MikroTik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu menggunakan software attix5, Torch, MRTG Graphs, dan tool yang lainnya.

Sering-seringlah anda melakukan pemeriksaan jaringan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setting DNS Server

Salah satu manfaat yang dapat kira rasakan jika setting DNS Server di MikroTik akan memudahkan kita untuk mengarahkan ke IP Address DNS yang dituju.

Maksud saya, jika kita punya beberapa komputer, maka tidak perlu lagi memasukkan DNS Server satu-per-satu ke komputer tersebut, cukup mengisi IP Address yang mengarah ke routerboard.

Sangat mudah 'kan?

Tidak Menggunakan Setting Firewall Yang Optimal di MikroTik

Ini juga hal yang terkadang dilupakan atau bahkan tidak dikonfigurasi oleh jasa setting MikroTik jika memanfaatkan jasa dengan bayaran yang paling murah.

Padahal, dengan melakukan setting firewall MikroTik yang bagus akan mengamankan jaringan dari serangan orang yang tidak diinginkan seperti hacker, misalnya.

Selain hal diatas, masih ada 6 hal yang harus diperhatikan saat setting routerboard MikroTik yaitu NAT, IP SpoofingBRIDGE, PoE, Setting Keamanan Jaringan dari serangan Hacker, Lupa Setting dan Ubah Password Akun Admin.

Dari beberapa kesalahan setting diatas, yang mana pernah kamu lakukan?

Demikian artikel ini tentang 10 kesalahan eetting MikroTik yang harus kamu hindari. Terima kasih.

You Might Also Like:

Bagikan: