-->

Panduan Lengkap Cara Setting Waktu dengan Benar di MikroTik

Panduan Lengkap Cara Setting Waktu dengan Benar di MikroTik

Saat pertama kali menggunakan hardware dan software pembagi bandwidth terpopuler, tak jarang orang yang mengalami masalah waktu routerboard MikroTik tiba-tiba dengan sendirinya berubah setelah melakukan reset atau restart.

Umumnya, banyak pengguna setting waktu MikroTik melalui menu System – Clock. Padahal, cara tersebut tidak efektif dan efisien karena tanggal dan jam akan otomatis ter-reset ke tahun 1970 ketika kita restart atau reboot MikroTik.

Untuk itu, kita harus memanfaatkan NTP Server MikroTik supaya waktu tidak berubah ke waktu yang tidak kita inginkan. Selain itu, penunjukan waktu yang tepat, juga akan memudahkan kita membaca log dan setting MikroTik lebih lanjut demi mengamankan routerboard MikroTik.

Sebagaimana dikutip dari Wikipedia, NTP singkatan dari Network Time Protocol. NTP adalah sebuah protokol jaringan yang berfungsi untuk keperluan sinkronisasi waktu (jam dan tanggal).

Kaitannya dengan RB MikroTik, protokol NTP Client ini dapat ditemukan di menu System – SNTP Client. Tapi sebelum setting NTP MikroTik, Anda harus konfigurasi Timezone (region) dan mengetahui layanan server NTP.

Cara Setting Waktu MikroTik dengan IP NTP Server via SNTP Client di Winbox


Salah satu hal yang sering dilupakan pengguna MikroTik adalah setting waktu. Agar waktu di routerboard MikroTik tidak berubah, Anda dapat memanfaatkan NTP Client.

Ada beberapa alamat NTP Server di bawah yang dapat digunakan secara gratis.

0.id.pool.ntp.org

1.id.pool.ntp.org
2.id.pool.ntp.org
3.id.pool.ntp.org

Selanjutnya, ikuti beberapa langkah berikut:

1.Login di Winbox
2.Klik menu System – SNTP Client.
3.Beri centang pada bagian Enabled kemudian pilih unicast.
4. Isikan dua NTP Server diatas di kotak isian Primary NTP Server dan Secondary NTP Server.
5. Klik Apply.

Setelah mengklik tombol Apply, dua isian diatas akan berubah jadi IP Address NTP Server dan otomatis mensinkronisasi waktu sesuai dengan jam dan tanggal saat ini.

Sekarang, Anda sudah berhasil setting waktu MikroTik supaya tidak berubah.

Untuk mengecek apakah waktu MikroTik sudah benar atau masih kembali ke tahun 1970, masuk ke menu System – Clock atau menggunakan perintah di Terminal berikut ini.

/system clock print

You Might Also Like:

Bagikan: