-->

Cara Monitor Trafik Jaringan dengan Torch MikroTik

Cara Monitor Trafik Jaringan dengan Torch MikroTik

Ada banyak fungsi MikroTik yang mungkin tidak pernah Anda gunakan. Salah satunya adalah mengetahui aktivitas user, situs apa yang sedang mereka akses atau buka dengan torch.

Torch adalah salah satu tool bawaan MikroTik untuk monitor trafik jaringan secara real-time yang melalui sebuah interface tertentu. Ini berbeda dengan MRTG yang hanya menampilkan dan monitor pemakaian data bandwidth.

Dengan torch MikroTik, Anda juga bisa monitor jaringan berdasarkan protocol, source address, destination address, dan juga port termasuk port game online.

Selain itu, banyak juga orang yang menggunakannya untuk melihat aktifitas klien, dan mencari tahu IP Address dan komputer mana yang menyedot bandwidth terlalu besar baik itu trafik Tx (download) dan Rx (upload).

Nah, jika Anda juga menggunakan MikroTik kami akan berbagi tutorial MikroTik tentang cara monitor jaringan dengan torch di bawah ini.

Cara Menggunakan Torch MikroTik Untuk Monitor Trafik Jaringan Secara "Realtime"


Ada dua cara menggunakan torch di MikroTik yaitu via Terminal dan Graphical User Interface (GUI). Pada tutorial ini, kami akan membagikan keduanya.

1. Torch MikroTik dengan Winbox


Jika Anda malas mengetikkan perintah di Terminal, ini adalah cara yang paling cocok untuk Anda karena Anda hanya perlu klik saja.
  1. Login ke MikroTik.
  2. Klik menu Tools.
  3. Klik Torch.
  4. Selanjutnya, pilih interface yang ada pada kolom isian Badic – Interface kemudian beri tanda centang pada Port dan Protocol jika ingin menampilkannya seperti pada gambar diatas.
  5. Klik Start untuk memulai proses torch.
Torch MikroTik akan otomatis memunculkan data trafik jaringan secara realtime sesuai dengan interface yang Anda pilih.

Jika Anda hanya ingin menampilkan satu klien saja, cukup isikan IP Address klien pada kolom isian Src. Address kemudian klik Start.

2. Torch MikroTik dengan Terminal


Cara menggunakan torch MikroTik dengan terminal kami tidak rekomendasikan mengingat Anda harus menghafal dan mengetikkan perintah untuk menjalankannya.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, jalankan aplikasi Terminal dengan mengklik menu Terminal di menu bagian kiri. Simak beberapa perintah MikroTik yang berkaitan dengan torch MikroTik di bawah ini.

Perintah MikroTik untuk menjalankan torch.
/tool torch

Monitor jaringan yang melalui interface01 untuk port telnet.
/tool torch interface01 port=telnet

Menampilkan semua port yang melalui interface02.
/tool torch interface02 ip-protocol=any

Selain mengetahui pemakaian bandwidth dan situs apa yang dibuka oleh user. Fungsi troch MikroTik yang lain adalah untuk mengetahui port game online yang diakses oleh klien.

Masih ada banyak pilihan yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui secara detil trafik jaringan dengan torch MikroTik ini seperti protocol egp, ggp, icmp, igmp, ipsec, ip-encap, ospf, pup, tcp dan udp.

You Might Also Like:

Bagikan: