-->

Tips Sinkronisasi Waktu MikroTik dan User Manager Hotspot

Tips Sinkronisasi Waktu MikroTik dan User Manager Hotspot

Masalah setting waktu MikroTik tidak hanya dijumpai di sistem tapi ada juga beberapa orang yang terkadang mengeluhkan sinkronisasi waktu (jam dan tanggal) MikroTik tidak sesuai dengan yang ada di user manager (userman), dimana user tidak otomatis logout atau tidak habis di userman MikroTik padahal waktu yang ditetapkan diprofilnya sudah expired. Ini berbeda dengan kasus user hotspot tidak bisa login.

MikroTik tidak otomatis menghapus user yang sudah expired dan masih tetap muncul sebagai user aktif jika dilihat di menu IP – Hotspot – Active.

Sebenarnya waktu antara MikroTik dan userman sudah sinkron, hanya saja salah setting profil hotspot menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan seperti user hotspot user manager di MikroTik tetap bisa login walaupun waktu limit sudah ditetapkan dalam satuan menit, jam, hari, minggu atau bulan dan juga telah habis.

Untuk itu, pada tutorial MikroTik kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi waktu user tidak habis di userman agar otomatis logout. Saya sendiri sudah mencobanya di RB750, Anda juga dapat menggunakan di jenis routerboard lainnya seperti RB450, RB750G dan lainnya.

Contoh Kasus Waktu MikroTik dan Userman Tidak Sinkron: User Login dan Waktu Tidak Habis di User Manager MikroTik


Anda yang menggunakan user manager mungkin mengalami masalah ketika telah membuat ID hotspot. User yang telah dibatasi waktunya itu tidak otomatis logout di hotspot MikroTik setelah melebih batas waktu yang telah ditentukan.

Misalnya kita membuat user hotspot dengan paket 3 jam, tapi ketika user menggunakannya login, koneksi internet tidak terputus otomatis setelah melebih batas waktu 3 jam yang telah kita tentukan di Profiles MikroTik. Dengan kata lain, user tetap bisa login walaupun waktunya sudah habis terpakai.

Sebenarnya, ada cara logout user yang aktif di hotspot MikroTik secara manual tapi kita tentukan akan kewalahan jika harus selalu monitor aktifitas user hotspot yang sedang login di menu IP – Hotspot – Active, tidak efektif dan efisien.

Anda bisa bayangkan jika ada puluhan atau ratusan user yang mengakses ke jaringan hotspot. Untuk itu, kita harus memanfaatkan fitur limitations yang ada di userman MikroTik.

Cara Mengatasi Waktu MikroTik Tidak Sinkron dengan User Manager Hotspot agar User Auto Logout di Hotspot MikroTik


Masalah user tidak logout otomatis padahal sudah lebih dari waktu yang telah ditentukan di profile hotspot userman bisa Anda atasi dengan mengisikan nilai Uptime yang ada di menu Profiles – Limitations – Limitations details sehingga user yang telah dikelompokkan berdasarkan paketnya bisa auto logout di hotspot MikroTik.

Sebelum mengikuti beberapa langkah di bawah ini, terlebih dahulu harus setting jam dan tanggal di MikroTik dengan benar, setting Profiles dan Limitations di User Manager.
  1. Login di MikroTik User Manager.
  2. Klik menu Profiles.
  3. Klik tab Limitations kemudian klik salah satu kategori limit yang telah Anda buat.
  4. Selanjutnya, isikan 3h pada kotak isian Limits – Uptime. Kondisi ini akan membuat user otomatis logout di hotspot setelah melebihi waktu 3 jam.
  5. Klik Save.
Anda dapat mengganti nilai Uptime sesuai dengan profil yang diinginkan misalnya 30m untuk 30 menit, 10h untuk 10 jam, 1d untuk 1 hari, 1 bulan untuk 4w dan seterusnya.

Sinkronisasi waktu MikroTik dengan Userman diatas tidak akan berhasil jika Anda belum setting Timezone (region waktu) dengan benar di routerboard (RB) dan User Manager MikroTik.

Anda belum juga berhasil sinkronisasi waktu MikroTik dan User Manager Hotspot?

Silahkan berkomentar pada kolom yang tersedia di bawah.

You Might Also Like:

Bagikan: