-->

Cara Ampuh Menangkal atau Blokir NetCut IP Spoofing di MikroTik

Cara Ampuh Menangkal atau Blokir NetCut IP Spoofing di MikroTik

Cara Ampuh Menangkal atau Blokir NetCut IP Spoofing di MirkoTik. Salah satu hal yang banyak orang hindari ketika membangun jaringan hotspot mikrotik adalah serangan IP spoofing, salah satu teknik yang digunakan untuk menyembunyikan, memalsukan, mencuri ip address sehingga tidak bisa dideteksi.

Sama halnya dengan aplikasi pembobol hotspot mikrotik seperti netcut, yang bisa putus koneksi internet seseorang di jaringan hotspot MikroTik agar dia dapat berinternet dengan akses penuh atau kecepatan penuh.

Untuk mengatasi ip spoofing atau netcut di mirkotik atau serangan jahat dari orang lain dalam dunia internet, baik itu dalam LAN ataupun WAN, Anda bisa mengaktifkan static ARP (Address Resolution Protocol) agar dapat memblokir netcut ataupun membuat pertahanan dari serangan ip spoofing.

Apa itu IP Spoofing?


Suatu teknik pembajakan IP address dengan menyamar sebagai sebuah mac address pada ethernet card yang dipakai oleh IP tersebut dengan mengambil atau menggunakan IP Address yang bukan haknya untuk terhubung dengan internet dan koneksi internet orang yang dibajak akan terputus secara otomatis.

Ada beberapa tujuan ip spoofing tersebut antara lain mengirimkan paket sampah dalam jumlah besar agar komputer tujuan mengalami overload dan mengelabui komputer tujuan sehingga ia akan mengira bahwa paket yang dikirim berasal dari komputer yang bisa dipercaya.

Cara Mengatasi dan Memblokir NetCut dan IP Spoofing di MirkoTik


Aktifitas ip spoofing akan sangat merugikan bagi sobat yang mempunyai koneksi internet. Untuk itu, kita haru mengetahui cara memblokir netcut atau ip spoofing di MikroTik dibawah ini.

Cara Menangkal IP Spoofing/NetCut di Hotspot MikroTik


  1. Login ke Mirkotik dengan menggunakan Winbox kemudian pilih menu IP - DHCP Serve.
  2. Pilih dan klik 2x konfigurasi hotspot MikroTik yang ada pada tab DHCP lalu pastikan nilai lease time IP adalah 1 hari (01:00:00). Jika tidak, silahkan sobat mengubahnya.
  3. Terakhir, deri tanda centang pada bagian Add ARP for Leases seperti pada gambar di bawah.


Cara Menangkal IP Spoofing/NetCut Jaringan LAN MikroTik


  1. Login ke Mirkotik dengan menggunakan Winbox kemudian pilih menu IP - ARP.
  2. Pilih mac address mana yang akan diijinkan untuk terhubung internet pada jaringan dengan cara klik kanan pada bagian IP Address kemudian pilih Make Static - OK.

Apakah sobat sekarang ingin mengamankan MirkoTik dari NetCut atau IP Spoofing? Ayo berkomentar pada kolom yang tersedia dibawah.

Itulah artikel tentang Cara Ampuh Menangkal atau Blokir NetCut IP Spoofing di MirkoTik. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Bagikan: