-->

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu dan Fungsi PoE MikroTik

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu dan Fungsi PoE MikroTik

Mungkin sobat pernah berpikiran bagaimana bisa setting mikrotik di luar gedung yang yang jaraknya jauh dari terminal listrik. Tentunya saja bisa sob, karena ada beberapa jenis routerboard mikrotik yang punya fitur PoE (PoE-In dan PoE-Out), MikroTik Outdoor. Apa itu dan fungsi dari PoE MikroTiK? RouterBoard yang punya fitur PoE ditandai dengan warna kuning pada salah satu atau beberapa interface.

Dengan PoE MikroTik ini, memungkinakan kita untuk menyalakan mikrotik atau perangkat lain dengan menggunakan kabel UTP sebagai media menyalurkan listrik. Jadi, tidak perlu punya kabel power yang panjang dan solusi bagi yang ingin membuat jaringan mikrotik outdoor.

Apa Itu dan Fungsi PoE MikroTik?



PoE singkatan dari Power Over Ethernet adalah suatu cara mengalirkan arus listrik menggunakan media kabel UTP. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi menarik kabel power dari terminal daya ke mikrotik atau perangkat lain yang jaraknya sangat jauh, misalnya diatas tower. Fitur PoE ini sangat bermanfaat bagi kita yang ingin instalasi perangkat wireless outdoor. Simak gambar PoE MikroTik diatas.

Tampak pada gambar diatas, ada dua port yang masing-masing digunakan untuk konektor RJ-45 yaitu port PoE dan port LAN. Pada port LAN, dari PoE ke PC menggunakan kabel UTP Cross dengan panjang maksimal kisaran 120 meter, tergantung dari jenis dan merk kabel yang digunakan. Sedangkan untuk port PoE, dari PoE ke MikroTik yang digunakan untuk menyalakan routerboard mikrotik menggunakan kabel Straight dengan panjang kabel kisaran 20 meter.

Untuk panjang kabel PoE MikroTik yang digunakan, ada banyak pendapat. Sekali lagi, ini tergantung dari power supply (adapter), jenis dan merk kabel UTP yang digunakan.

Jika memaksakan menggunakan kabel UTP yang terlalu panjang akan menyebabkan mikrotik tidak bisa nyala karena arus listrik tidak ada dan juga kita tidak bisa akses mikrotik.

Ada dua jenis PoE yaitu PoE-In dan PoE-Out, yang masing-masing punya fitur yang berbeda. Dengan PoE-In, memungkinkan sebuah routerboard dapat menerima arus listrik atau power dari interface ether PoE tanpa perlu power melalui power jack dan banyak digunakan untuk kebutuhan wireless. Fitur MikroTik ini, juga akan sangat bermanfaat bagi kita karena tidak butuh kabel power yang panjang untuk memberikan power ke RouterBoard, cukup gunakan PoE untuk melewatkan tegangan listrik melalui kabel UTP.

Berbeda dengan PoE-Out, yang berfungsi untuk memberikan supply power terhadap perangkat yang terkoneksi pada interface yang support PoE-Out seperti RB750UP atau Omnitik UPA. Router yang memiliki fitur ini biasanya dibekali dengan adaptop yang berbeda dengan adaptor biasanya dan cocok digunakan untuk memasang beberapa wireless router dalam dalam satu tower.

Apakah sobat sudah pernah mencoba fitur PoE MikroTik? Ayo berkomentar pada kolom yang tersedia dibawah.

Itulah artikel tentang mengenal lebih jauh apa itu dan fungsi PoE MikroTik. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Bagikan: