-->

Cara Setting Port TCP dan UDP Game Online di MikroTik

Cara Setting Port TCP dan UDP Game Online di MikroTik

Cara Setting Port Game Online di Mikrotik. Sebelumnya, saya sudah berikan informasi tentang daftar port game online di Mikrotik terbaru. Kali ini, saya akan bahas bagaimana cara memasukkan port tcp dan udp game online di firewall mangle Mikrotik agar koneksi game online stabil dan tidak lambat.

Saya yakin warnet yang sobat punya juga menggunakan RouterBoard mikroTik. Saya sendiri menggunakan RB750 untuk manajemen bandwidth untuk game online dan browsing seperti setting port game online DOTA 2, PB Garena Indonesia, dan mangle game online lainnya di MikroTik.

Sobat dapat melihat port tcp dan udp game online Mikrotik yang sudah pernah saya posting - daftar port game online 2015 dan port game online 2016.

Dengan mengetahui cara memasukkan port tcp dan udp game online di Mikrotik, pelanggan warnet yang main game online tidak lagi mengeluh dengan koneksi yang lag, patah-patah atau "disconnect" (DC) sehingga pelanggan ramai dan juga tentunya omset warnet bisa naik.

Setting port game online di mikroTik ini bertujuan untuk menjaga koneksi game online agar tetap stabil, lancar dan lagging. Dengan mengatur firewall mangle, memasukkan port game online sesuai dengan urutan yang diinginkan dan memberikan priortis koneksi game online maka akan memberikan koneksi game yang tidak akan menyebabkan lag, freeze atau patah-patah saat bermain.

Cara Memasukan Port TCP dan UDP Game Online di Mangle Mikrotik


Pada kasus ini, saya menggunakan RB750 tapi sama saja jika sobat menggunakan RB Mirkotik yang lain seperti RB450G, dan lainnya.


  1. Pertama-tama, login Winbox kemudian jalankan Terminal di Mirkotik dengan cara klik menu New Terminal.
  2. Selanjutnya, copy perintah Mikrotik dibawah ini kemudian paste di terminal lalu tekan Enter.
    /ip firewall mangle
    add action=mark-connection chain=forward comment="FIFA Online 3 Garena Indonesia" dst-address-list=nice dst-port=\
    7770-7790 new-connection-mark=conn.games protocol=tcp
    add action=mark-connection chain=forward dst-address-list=nice dst-port=16300-16350 new-connection-mark=conn.games \
    protocol=udp
  3. Sekarang, masuk ke menu IP - Firewall, cari port tcp dan udp game online tersebut dibaris paling bawah kemudian blok dan geser ke urutan sesuai dengan keinginan sobat. Urutan menentukan yang mana diprioritaskan terlebih dahulu.

Jika Anda masih kurang paham dengan tutorial diatas, silahkan lihat video tutorial cara memasukkan port TCP dan UDP game online di Mikrotik yang sudah diupload ke YouTube di bawah ini.


Selamat, sobat sudah berhasil setting dasar MikroTik untuk mangle port TCP dan UDP Game Online. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar dibawah ya.

Demikian artikel tentang Cara Setting Port Game Online di Mikrotik. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Bagikan: