-->

Konsep Dasar-Dasar Jaringan Komputer

Konsep Dasar-Dasar Jaringan Komputer

Konsep Dasar-Dasar Jaringan Komputer. Sebelum lebih jauh belajar setting MikroTik, sebaiknya sobat harus mengetahui jaringan komputer karena nantinya akan berkaitan saat instalasi ataupun pemasangan MikroTik.

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu yang terhubung menggunakan media dan protokol komunikasi (TCP/IP) sehingga dapat berbagi informasi dan data. Komputer yang terhubung dengan printer, komputer terhubung modem untuk mengakses internet disebut juga jaringan komputer.

Jika ada 2 (dua) komputer yang terhubung dengan 1 (satu) unit printer, maka jaringan ini disebut LAN (Local Area Network).

Apa Itu Jaringan Komputer? Ini Pengertiannya


Jaringan komputer adalah beberapa komputer atau lebih dari 1 (satu)  komputer (PC) yang saling terhubung menggunakan protokol sehingga bisa berbagi data dan informasi seperti printer, scanner, maupun hardisk.

Apa Itu Router? Ini Fungsi dan Pengertiannya

Pengertian Router


Router adalah suatu alat jaringan komputer yang mempunyai kemampuan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Fungsi router sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Klasifikasi Jaringan Komputer


LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke suatu komputer server dengan menggunakan topologi tertentu, biasanya digunakan dalam kawasan satu gedung atau kawasan yang jaraknya tidak lebih dari 1 km.

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer yang saling terkoneksi dalam satu kawasan  kota yang jaraknya bisa  lebih dari 1 km. Pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota, kampus dalam satu kota.

WAN (Wide Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan banyak LAN ke dalam suatu jaringan terpadu, antara satu jaringan dengan jaringan lain dapat berjarak ribuan kilometer atau terpisahkan letak geografi dengan menggunakan metode komunikasi tertentu.



Demikianlah artikel Konsep Dasar-Dasar Jaringan Komputer. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Bagikan: