-->

Cara Mudah Reset Routerboard MikroTik

Cara Mudah Reset Routerboard MikroTik

Cara Reset Mikrotik Cepat dan Mudah. Banyak orang yang memilih untuk reset ulang MikroTik dibandingkan mencari "akar" permasalahannya, baik itu pengguna RB450G, RB751U-2HND, RB1100, RB951UI-2HND, RB433AH, RB951G-2HND, RB1200 ataupun RouterBoard (RB) seri lainnya. Dengan reset ulang RB MikroTik, memungkinkan kita untuk konfigurasi dari awal MikroTik yang ada.

Salah satu hal yang paling sering jadi alasan kenapa orang ingin reset RB MikroTik adalah karena lupa atau reset password. Selain itu, ada juga karena alasan yang lain seperti agar konfigurasi kembali ke kondisi awal (default).

Tutorial Cara Reset Routerboar Mikrotik


Reset MikroTik dilakukan untuk mengembalikan konfigurasi RouterBoard MikroTik ke kondisi awal (Factory Default Settings) baik itu dengan software atau hardware. MikroTikGAME akan berbagi 3 (tiga) cara untuk mereset MikroTik berikut:

1. Reset Konfigurasi Mikrotik via Winbox (Soft Reset)

Sobat bisa lakukan reset MikroTik dengan Winbox untuk menghapus semua konfigurasi dan kembali ke pengaturan awal (factory default setting). Tapi syaratnya, sobat harus punya akun administrator yang "full access".

Download Winbox kemudian login ke MikroTik dengan menggunaan winbox yang tadi didownload, klik menu New Terminal, kemudian ketik "/system reset-configuration" lalu tekan enter dan pilih y. RB MikroTik secara otomatis akan reboot.

Tapi jika sobat ingin reset MikroTik secara total tanpa default configuration, ketikkan perintah dibawah pada terminal:
/system reset-configuration no-default=yes

2. Reset Konfigurasi Mikrotik via Hardware (Hard Reset)


Alternatif reset MikroTik (hard reset) ini dilakukan oleh orang yang tidak dapat login sama sekali ke MikroTik atau terpaksa, misalnya karena lupa password MikroTik.

Umumnya, MikroTik mempunyai tombol reset yang terletak sejajar dengan ether1, ether2 dan seterusnya dan diberi label "RES". Simak tutorial cara hard reset MikroTik dibawah ini.
  1. Cabut kabel power MikroTik.
  2. Tekan dan tahan tombol reset, dan dalam keadaan masih ditekan, colokkan kabel power MikroTik ke sumber listrik.
  3. Tunggu hingga lampu indikator berkedip-kedip.

Selain 2 (dua) cara diatas, masih ada lagi satu alternatif untuk reset MikroTik yaitu membuka chasing dan melakukan jumper dengan cara menekan lempeng kuningan yang berbentuk lingkaran menggunakan obeng.

Jika sobat sudah berhasil mereset MikroTik, maka default IP Address-nya adalah 192.168.88.1 dan login yaitu username: admin dan password kosong.

Bagi Anda yang masih mengalami masalah, silahkan berkomentar pada kolom yang tersedia dibawah ya.

Demikian artikel tentang Cara Reset Mikrotik Cepat dan Mudah. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Bagikan: